• Bm7
    Terima kasih sudah berkunjung xD
Home » » Musik Modern Nusantara I

Musik Modern Nusantara I

Selasa, 29 November 2011
Selamat pagi sahabat blogger, semoga di pagi yang sejuk ini kita dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan allah SWT amin. Kali ini black-market7.blogspot.com akan memberikan postingan tentang uraian musik modern nusantara simak baik-baik postingn dibawah ini.

A.           Makana dan peranan musik dalam konteks sosial buadaya

Seni musik merupakan salah satu jenis kesenian yang menjadi bagian dari kebudayaan. Kebudayaan yang merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia saling mempengaruhi satu dengan yang lain, saling mengagumi, saling menyenagi, dan bahkan tidak mengkin dapat terjadi prcampuran asimilasi/akulturasi budaya.

Diera globalisasi seperti saat ini, dengan adanya perkembangan IPTEK khususnya tekhnologi komunikasi – informasi, antar negara / bangsa satu dan lainnya sult dipisahkan. Hal ini dapat berpengaruh pada perkembangan kesenian khususnya seni musik suatu bangsa, seperti pengaruh musik tradisi atau musik barat yang daat menghasilkan musik baru atau campuran.



1.             Musik disenangi banyak orang

Musik merupakan cabang kesenian yang hampir disenangi setiap oarang dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Musik dapat :

              I.              Membuat bahagia atau terharu

           II.              Membuat tubuh bergerak/menari

        III.              Pengaruhi perasaan / emosi orang

Musik yang baik dan dapat bertahan lama :

              I.              Harus ada pengaruh terhadap perasaan

           II.              Mempunyai pola nada dan irama yang menarik.

Karena beberapa hal tersebut sehingga musik menjadi lebih populer dibanding kesenian lain setiap daerah, bangsa atau negara mempunyai jenis musik sendiri, contoh:

a.              Indonesia punya ragam musik : musik daerah (Tradisi), keroncong, dangdut, band(pop), rock, jazz dan musik modern yang lain.

b.             Orang indoneia dan Eropa timur senang musi yang bersemangat yang dimainkan dengan biola. Orang amerika senang musik county, underground, rock. Bangsa Spanyol terkenal dengan musik gitarnya. Orang india senang suara veena (kecapi india) dan irama gendang. Orang perancis – Accordion, Scotlandia bag pipe. Orang jepang – koto (gitar 13 tali senar).

c.              Sebagian besar orang senang dengan musiknya sendiri (musik daerah / musik nasional). Namun ada juga yang menyenangi musik bangsa lain, seperti musik clasik, pop, jazz, Qosidah, melayu, modern, india dan musik modern/kontemporer.


.: Artikel Terkait :.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar asalkan tidak mengandung SPAM/SARA, jika komentar mengandng spam maka komentar tidak akan ditampilkan atau dihapus oleh admin blog ini. TERIMAKASIH

Follow by Email

Facebook