• Bm7
    Terima kasih sudah berkunjung xD
Home » » What is The Kanker Serviks

What is The Kanker Serviks

Sabtu, 03 Maret 2012
What is the kanker serviks??
Kanker seriks?pasti sudah tidak asing lagikan ditelinga kita?Tapi tahukah kalian apa arti sebenarnya dari kanker serviks dan apa bahayanya? Nah. . .mari kita simak selengkapnya. Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi pada kaum wanitra. Kanker serviks atau kanker leher rahim ini terjadi dibagian organ reproduksi seorang wanita. Leher rahim adalah bagian yang sempit disebelah bawah antara vagina dan rahim seorang wanita. Dibagian inilah tempat terjadi dan tumbuhnya kanker serviks.
Kanker seriks disebabkan oleh virus HPV(human papilo virus). Virus HPV menimbulkan kutil pada pria maupun wanita,termasuk kutil pada kelamin, yang disebut kondilema akuminatum. Hanya beberapa saja dari ratusan varian HPV yang dapat menyebabkan kanker. Kanker serviks bisa timbul jika terjadi infeksi yang tidak sembuh-sembuh untuk waktu yang lama. Sebalinya, kebanyakan infeksi HPV akan hilang sendiri , teratasi oleh sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh berkurang, maka infeksi HPV akan mengganas dan bisa menyebabkan kanker serviks. Gejalanya tidak terlalu kelihatan pada stadium dini, itulah sebabnya kanker serviks yang dimulai dari infeksi HPV dianggap sebagai “The Silent Killer”.
Penularan virus HPV dapat melalui kontak langsung karena hubungan seks. Misalnya melalui clset pada WC umum yang sudah terkontaminasi virus ini. Sesorang menderita kanker ini mungkin menggunakan closet, virus HPV yang terdapat dalam penderita berpindah ke closet.
Resikon menderita kanker serviks adalah wanita yang aktif berhubungan seks sejak usia yang sangat dini, yang sering berganti pasangan seks dengan pria yang suka berganti pasangan. Faktor penyebab lainnya adalah pil KB dalam jangka waktu lama atau dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker.
Cara mendeteksi wanita yang telah terinfeksi HPV yang menyebabkan kankers serviks:
1.IVA
IVA yaitu singkatan dari Inspeksi Visual dengan Asam asetat. Metode pemeriksaan dengan mengoles serviks atau leher rahim dengan asam asetat. Kemudian diamati apakah ada kelainan seperti area berwarna putih. Jika tidak ada perubahan warna, maka dapat dianggap tidak ada infeksi pada serviks
Metode tes pap smear yang umum yaitu dokter menggunakan pengerrik atau sikat untuk mengambil sedikit sampel sel-sel seriks. Kemudian sel-sel tersebut akan dianalisa di laboratorium. Tes itu dapat menyingkapkan apakah ada infeksi, radang, atau sel-sel abnormal. Menurut laporan sedunia, dengan secara teratur melakukan tes pap smear telah mengurangi jumlah kematian akibat kanker serviks.
Metode thin prep lebih akurat dari pap smear. Karena Thin Prep akan memeriksa seluruh bagian serviks atau leher rahim. Tentu hasilnya akan lebih akurat.
Jika semua hasil tes pada metode sebelumnya menunjukkan adanya infeksi atau kejanggalann, proseur kolposkopi akan dilakukan menggunakan alat yang dilengkapi lensa pembesar untuk mengamati bagian yang terinfeksi. Tujuannya untuk menentukan apakah ada lesi atau jaringan yang tidak normal pada serviks atau leher rahim. Jika ada yang tidak normal, biospi - pengambilan sejumlah kecil dari jaringan tubuh – dilakukan dan pengobatan untuk kanker serviks segera di mulai.
Jika terinfeksi HPV janganlah terlalu cemas karena saat ini tersedia berbagai obat yang dapat mengendalikan infeksi HPV. Beberapa pengobatan dapat bertujuan mematikan sel-sel yang mengandung HPV. Cara lainnya adalah dengan pembedahan. Jika kanker serviks sudah sampai pada stadium lanjut,maka akan dilakukan terapi kemoterapi. Pada beberapa kasus yang pernah mungkin dilakukan histerektomi yaitu operasi pengangkatan rahim atau kandungan secara total. Tujuannya untuk membuang sel-sel kanker serviks yang sudah berkembang pada tubuh.
Tips mencegah kanker serviks!!!
-Memiliki pola makan sehat, yang kaya sayuran, buah dan sereal yang merangsang sistem kekebalan tubuh.
-Hindari merokok. Banyak bukti penggunaan tembakau dapat meningkatkan resio terkena kanker serviks.
-Hindari seks sebelum nikah atau disusia yang sangat muda,berganti-ganti pasangan,serta selama masa haid.
-Menjalani tes pap smear secara teratur
-Melakukan pembersihan organ intim tau dikenal dengan istilah vagina toilet.
Nach sobat,,,,sekarang sudah mengertikan apa itu kanker serviks?Kanker serviks bisa dicegah dan diobati. Dengan demikian,,maka kesehatan serviks atau leher rahim anda lebih terjamin dan kanker serviks bukanlah sesuatu yang menakutkan lagi.....!

============================================================== ==============================================================
terimakasih telah berkunjung ke black-market7.blogspot.com ============================================================== ==============================================================


.: Artikel Terkait :.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar asalkan tidak mengandung SPAM/SARA, jika komentar mengandng spam maka komentar tidak akan ditampilkan atau dihapus oleh admin blog ini. TERIMAKASIH

Follow by Email

Facebook