• Bm7
    Terima kasih sudah berkunjung xD
Home » » Vitamin

Vitamin

Senin, 27 Agustus 2012
Vitamin - Vitamin (L.Vita = hidup;Ammoniacum =resinousgaum, getah damar) Zat organik yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai proses metabolisme, perumbuhan dan perkembangan tubuh disintesis oleh tumbuhan dan beberapa jenis hewan tingkat rendah. 
Kekurangan vitamin pada hewan atau manusia menyebabkan defesiensi penyakit. Vitamin  ada yang larut dalam air (Vitamin B dan C) serta larut dalam lemak (Vitamin A, D, E, K)
Contohnya :
  • Vitamin A (aseftol,axerophthal)diperlukan untuk memelihara epitel selaput lendir, ketajaman penglihatan dan pencegahan rabun ayam maupun pencegahan terjadinya infeksi. Bahan makanan yang mengandung sumber vitamin A adalah diantaranya hati, susu, telur, dan sayuran berwarna merah seperti wortel.
  • Vitamin B  kompleks, kelompok vitamin yang larut dalam air yang terdiri atas vitamin Bc (Asam folik,vitamin M), vitamin B1 (tiamin) berguna untuk mencegah penyakit beri-beri, vitamin B2(riboflavin,vitamin G), vitamin B3(asam pantotenat), vitamin B4(biotin, vitamin H), vitamin B5(asam pantotenat, vitamin B6(piridoksin), vitamin B7(asam nikotinamid), vitamin B8(asam adenelik) berguna mencegah penyakit....., dan vitamin B12 berguna untuk mencegah penyakit anemia. Sumber makanan yang mengandung vitamin b : Beras merah, ragi dan hati.
  • Vitamin C (asam askorbat) berguna sebagai anti skorbut(sariawan), dan makanan yang banyak mengandung vitammin c adalah buah-buahan yang rasanya masam.
  • Vitamin D (kalsiferol, kholekalsiferol, dihidrotakhisterol) berguna untuk anti rakitis, karena menunjang metabolisme kalsium, banyak ditemukan pada susu, telur, dan minyak ikan.
  • Vitamin E (tokoferol)untuk kesuburan dan mencegah keguguran kehamilan. Sumber makanan yang mengandung vitamin E adalah Kecambah (tauge) kacang-kacangan
  • Vitamin K (menadione) berguna untuk mengatur penggumpalan darah sewaktu terjadi luka, bersifat sebagai faktor antihemoragi, dan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin K adalah sayur-sayuran berwarna hijau.
Tag : Makanan yang banyak mengandung vitaman, Guna vitamin, Kegunaan vitamin, vitamin A, B, C, D, E, K, Sumber makan yang banyak mengandung vitamin
Sumber : Ensiklopedi SAINS & KEHIDUPAN


Baca juga artikel tentang : Layanan Bisnis pulsa dan token plnBerbagi penggalangan dana online dengan mari membantu.org

Terimakasih telah berkunjung di http://black-market7.blogspot.com


.: Artikel Terkait :.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar asalkan tidak mengandung SPAM/SARA, jika komentar mengandng spam maka komentar tidak akan ditampilkan atau dihapus oleh admin blog ini. TERIMAKASIH

Facebook