• Bm7
    Terima kasih sudah berkunjung xD
Home » , » Etika Ilmu

Etika Ilmu

Selasa, 09 April 2013
DESKRIPSI
Pembahasan tentang hubungan antara ilmu dan etika, membangun masyarakat ilmiah, dan menuju masyarakat berbudaya ilmu pengetahuan semuanya berhubungan pada cabang filsafat ilmu dimana mencakup hal-hal begitu luas. Ilmu merupakan pengetahuan yang kita kenal sejak kita bangku sekolah dasar sampai pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi. berfilsafat tentang ilmu berarti kita bertgerus terang pada diri kita sendiri. Dari sub-sub pokok bahasan itulah maka kita harus membahas lebih luas tentang unsur-unsur ilmu dan etika seperti kehendak manusiayang bebas, tujuan dari suatu perilaku cara atau jalan yang digunakan untuk mencapai tujuan, akibat yang ditimbulkan oleh masyarakat, tentang adanya pilihan bebas atau tidak, pemahaman tentang ada batas atau tidak ada batas nilai baik dan buruk, konsep tentang kesadaran moralitas adanya hakikat manusia, adanya hakikat tuhan, perlawan etis terhadapnilai baik dan buruk, dinamika diri manusia, yanng mana mencari keseimbangan moral, sifa keras kepala dan hilangnya rasa malu dan dosa dari perkebangan moral manusia.

Yang penting adalah prosesnya, baik dalam analisis maupun pembuktiannya, kita dapat memisahkan spekulasi mana yang dapat diandalkan sebagai titik awal dari penjelajahan pengetahuan tanpa menatap kriteria tentang apa yang disebut benar maka tidak mungkin pengetahuan lain berkembang diatas kebenaran , tanpa menetapkan apa yang disebut baik atau buruk maka kita tidak mungkin berbicara tentang moral.

Untuk dapat mempersiapkan pembangunan masyarakat ilmiahpun dibutuhkan sejumlah faktor pendukung dengan dapat menunjangnya pengertian tentang pengetahuan ilmiah.Pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang harus dapatdigunakan untuk menjelaskan fenomena alam dan non alam, karena berpikir ilmiah itu memiliki tujuan untuk menjelaskan fenomena tersebut. Wujud dan pengaktifan dari berbgai macam isi kepribadiannya yang sangat dipengaruhi oleh berbagai macam stimuli yang berada dalam sekitaran alam dan lingkungan sosial maupun budaya.


Terimakasih telah berkunjung di http://black-market7.blogspot.com


.: Artikel Terkait :.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar asalkan tidak mengandung SPAM/SARA, jika komentar mengandng spam maka komentar tidak akan ditampilkan atau dihapus oleh admin blog ini. TERIMAKASIH

Follow by Email

Facebook