• Bm7
    Terima kasih sudah berkunjung xD
Home » , , , » Ilmu Laduni/Ilmu Kasyaf

Ilmu Laduni/Ilmu Kasyaf

Senin, 27 Februari 2012
Tersebut dalam suatu kisah, bahwa imam Al-Ghazali menjadi imam sebuah masjid. Tetapi saudaranya yang bernama Ahmad tidak mau makmum kepadanya. Imam Al-Ghazali lau berkata kepada ibunya,"Wahai ibu,perintahkanlah saudaraku Ahmad agar shalat mengikutiku,supaya orang-orang tidak menduhku selalu bersikap jelek terhadapnya. Ibu Al-Ghazali lalu memerintahkan puteranya Ahmad agar makmum kepada saudaranya Al-Ghazali. Ahmad pu melaksanakan perintah sang ibu, sholat bermakmum kepada Al-Ghazali. Namun ditengah-tengah sholat,Ahmad melihat darah membasah perut Imam. Tentu saja Ahmad memisahkan diri. Seusai shalat imam Imam Al-Ghazali bertanya kepada Ahmad,saudaranya itu,"Mengapa engkau memisahkan diri (Mufaroqoh)dalam solat yang saya imami?Saudaranya menjawab,"Aku memisahkan diri,karena aku melihat perutmu berlumuran darah.
     Mendengar jawaban saudaranya itu,imam Al-Ghazali mengakui, hal itu mungkin karena dia ketika shalat hatinya sedang mengangan-angan masalah fiqih yang berhubungan haid seorang wanita yang mutahayyiroh.
     Al-Ghazali lalu bertanya kepada saudaranya,"Darimanakah engkau belajar ilmu pengetahuan seperti itu?
     Saudaranya Menjwab,"Aku belajar ilmu kasyaf seperti itu kepada syech Al-'Utaqi,yaitu seorang tukang jahit sandal-sandal bekas.
     Al-Ghazali lalu pergi kepadanya. Dia berkata kepada syeeh Al-Khurazi,"Saya ingin belajar kepada tuan.Syeh itu berkata,"Mungkin saja engkau tidak kuat menuruti perintah-perintahku.Al-Ghazali menjawab,"Insaya Allah,saya kuat.Syech Al-Khurazi lalu berkata,"Bersihkanlah (Sepuluh) lantai ini Al-Ghazali lau hendak menyapunya dengan sapu.Tetapi syech itu berkata,"Sapulah (bersihkanlah)dengan tanganmu.Al-Ghazali menypu lantai dengan tangannya, kemudian dia melihat kotoran yang banyak dan bermaksud menghindari kotoran itu.Namun syech berkata,"Bersikan pula kotoran itu dengan tanganmu. Al-Ghazali lalu bersiap membersihkannya dengan menyingsingkan pakaiannya. Melihat keadaan yang demikian itu syech berkata, "Nah bersihkan kotoran itu dengan memakai pakaian seperti itu!"Al-Ghazali hendak menuruti perintah syech tersebut dengan hati yang ridlo dan ikhlas tetapi begitu Al-Ghozali akan memulai melaksankan perintah Syech ,beliau langsung mencegahnya,dan memerintahkan agar pulang. Al-Ghazali pulang dan setibanya dirumah merasakan mendapatkan/Ilmu pengetahuan luar biasa. Dan Allah telah memberikan ilmu Laduni atau ilmu kasyaf kepadanya. 
     Seseorang yang telah memiliki kemampuan yang demikian itu,yakni menguasai segala bidang disiplin ilmu pengetahuan dengan tanpa melalui proses belajar seperti pada umumnya itu berarti orang tersebut telah dikaruiniai oleh Allah ilmu yang dalam kamus agama disebut ilmu laduni atau ilmu kasyaf. Ilmu laduni atau ilmu kasyaf merupakan puncak dari segala ilmu pengetahuan. Ia adalah suatu cahaya ilmu yang muncul dalam hati sesudah hati tersebut bersih dari sifat-sifat yang jelek dan sesudah hati tersebut benar-benar penuh dengan amalan taqwa kepada allah. Karena cahaya itulah, segala persoalan apa saja menjadi gamblang,terbuka jelas,hingga sampai ma'rifat kepada dzat Allah Swt. Ilmu laduni dan kasyaf ini dapat diperoleh seseorang setelah dia mempelajari dan mengamalkan ilmu Mu'amalah (syareat) dengan sebenarnya.Ilmu ini merupakan buah daripada ilmu Mu'amalah.Tersebut dalam suatu riwayat :
Barang siapa yang meng-istiqomahkan dirinya menjalankan aturan-aturan syareat, maka Allah akan menerangi hatinya dengan nur (Cahaya) ma'rifat.
 
============================================================== ==============================================================
terimakasih telah berkunjung ke black-market7.blogspot.com ============================================================== ==============================================================


.: Artikel Terkait :.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar asalkan tidak mengandung SPAM/SARA, jika komentar mengandng spam maka komentar tidak akan ditampilkan atau dihapus oleh admin blog ini. TERIMAKASIH

Facebook